BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Asam urat adalah peradangan sendi, yang setiap tahunnya mempengaruhi lebih dari setengah juta orang di Indonesia saja: mereka yang menderita  Asam urat  memiliki rasa sakit dan bengkak pada sendi. Jika tidak diobati, serangan penyakit ini dapat menjadi lebih sering dan menyakitkan, sebaliknya jika mereka benar-benar dirawat dapat mencegah  Asam urat lebih memburuk dan untuk mengendalikan rasa sakitnya.

Ada lebih dari seratus berbagai jenis radang sendi,  asam urat  adalah salah satu dari mereka, dan mempengaruhi sekitar satu dari dua puluh dari mereka yang menderita arthritis: lebih khusus, disebabkan oleh kristal asam urat yang tersimpan di sendi.

1.2 Tujuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Asam urat adalah asam hasil metabolisme protein berupa asam-asam inti yang terdapat dalam inti sel. Asam urat menjadi masalah bila ekresi atau proses pembuangan tidak terjadi dengan baik. Hal ini terjadi karena ginjal mengalami gangguan fungsi. Ginjal tidak rusak tapi kemampuannya membuang asam urat kurang. Hal ini biasanya karena faktor keturunan. Oleh sebab itu bila ada gangguan fungsi ginjal, kadar asam urat dalam darah akan meningkat atau disebut sebagai hiperurisemia.

Selain dibuang lewat ginjal (70%) dalam bentuk urin, asam urat yang berasal dari makanan dan metabolisme tubuh ini dikeluarkan juga melalui usus yaitu 30%. Kadar asam urat darah yang dianggap normal rata-rata 5-7 mg% (6,5 mg% batas tinggi pria dan 5,5 mg% pada wanita). Sekitar 50% asam urat dalam tubuh berasal dari asupan makanan. peningkatan kadar asam urat dalam darah ini bisa juga terjadi karena asupan makanan yang mengandung purin yang berlebihan. Bahan makanan yang mengandung purin yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah antara lain daging, hati, ikan, sayuran, seperti kangkung, kacang-kacangan serta minuman seperi kopi dan alcohol.

Purin adalah senyawa kimia hadir di semua sel tubuh, ketika sel membelah dan berkembang biak tubuh dan menggunakan kembali komponen untuk membangun sel baru. Purin lebih diekskresikan dari tubuh dengan urin dalam bentuk asam urat, lain senyawa kimia. Dalam beberapa kasus, kadar asam urat dalam darah mungkin sangat tinggi untuk kondisi ini disebut hiperurisemia.

Kadar asam urat darah yang tinggi dapat menyebabkan kesemutan, pegal-pegal, linu-linu, persendian terasa kaku, nyeri sendi, rematik asam urat, sampai pada penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Rasa ngilu itu biasanya ia rasakan di kaki kanan dan tangan kiri. Jika sudah menyerang tangan kiri, rasa ngilu itu akan terus merambat ke bahu dan leher.

Tahapan penyakit Asam Urat atau Gout :

  1. Tahap Asimtomatik

Tahap ini merupakan tahap stadium awal. Kadar asam urat darah meningkat tapi tidak menimbulkan gejala. Selanjutnya encok menyebabkan tekanan darah tinggi atau sakit punggung sakit berat.

  1. Tahap Akut

Serangan akut pertama datang tiba-tiba dan cepat memuncak. Umumnya serangan pertama kali terjadi pada tengah malam atau menjelang pagi. Serangan itu berupa rasa nyeri yang hebat pada pangkal ibu jari kaki. Rasa nyeri ini timbul secara mendadak dan didahului oleh keluhan lain. Rasa nyeri ini begitu hebat sehingga bila bagian yang sakit bila tersentuh bahkan selimut saja sakit sekali. Rasa nyeri tersebut mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan perlahan-lahan akan sembuh spontan dan menghilang dengan sendirinya dalam waktu dua minggu.

  1. Tahap Interkritikal

Penderita dapat kembali bergerak normal serta melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga tanopa rasa sakit sama sekali. Kalau rasa nyeri pada serangan pertama itu hilang bukan bererti penyakit itu sembuh total, biasanya beberapa tahun kemudian akan ada serangan kedua.

 

 

 

 

 

BAB III

METODE PERCOBAAN

.1.        Alat dan Bahan

GCU Blood Urid Acid

Alkohol

Blood lanset

Sample

Kapas

 

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

  1. 1.      Hasil

No

Nama

Kadar Asam Urat

kriteria

  1.  

Feny karika

2.1 mg/dl

Low / tidak normal

  1.  

Nailul

4.3 mg/dl

Normal

  1.  

Asri

5.3 mg/dl

Normal

  1.  

Nurul

2.6 mg/dl

Low / tidak normal

  1.  

Chintia

4.7 mg/dl

Normal

  1.  

Risda

 –

Low / tidak normal

  1.  

Yolanda

–           

High / tidak normal

  1.  

Yulita  

2.6 mg/dl

Low /tidak normal  

  1.  

Andini

 4.0 mg/dl

Normal

  1.  

Evie

3.1 mg/dl

Normal

  1.  

Rina

4.7  mg/dl

Normal

  1.  

Della

7.3 mg/dl

Normal

  1.  

Yetmi

8.5 mg/dl

High /tidak normal

  1.  

Willia

4.7  mg/dl

Normal

  1.  

Ahmad

5.8 mg/dl

Normal

  1.  

Neni

7.3 mg/dl

Normal

  1. 2.      Pembahasan

Asam urat sangat mudah mengkristal/menumpuk bila purin tidak di metabolisme secara sempurna. Pengkristalan biasanya terjadi jika kadar asam urat darah sudah mencaopai 9-10 mg%. Pada sebagian penderita kadar asam urat yang berlebihan dapat tertimbun dalam jaringan ginjal dan mombentuk batu ginjal kadang-kadang juga di temukan batu dalam kandung kemih.Hal ini akan mengganggu fungsi ginjal dan kadang kadang timbul nyeri hebat pada daerah pinggang.

Bisa juga terjadi pada persendian lain seperti pergelangan kaki, punggung kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, tangan atau jari tangan. Selain pada sendi serangan bisa juga terjadi pada jaringan dalam yakni ginjal yang kemudian menyebabkan munculnya penyakit kencing batu.

Purin yang lebih diekskresikan dari tubuh dengan urin dalam bentuk asam urat, lain senyawa kimia. Dalam beberapa kasus, kadar asam urat dalam darah mungkin sangat tinggi untuk kondisi ini disebut hiperurisemia.

Asam urat berlebih dalam tubuh membentuk kristal, Pada beberapa orang kristal asam urat diendapkan pada sendi, sementara yang lain menumpuk di bawah kulit, membentuk massa yang dalam beberapa kasus mungkin dipicu dari luar dan yang mengambil nama tophus. Asam urat berlebih juga dapat tertampung di dalam ginjal dan penyebab batu ginjal.

Konsumsi karbohidrat sederhana berakibat peningkatan asam urat di dalam darah yang disebut hiperurisemia.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s